Senin, 12 September 2011

RASUNA


KEBERADAAN DAN KONDISI

BPR RAGA SURYA NUANSA PONOROGO
MESKIPUN BPR RASUNA BERDIRI SEBAGAI BANK KONVENSIONAL, NAMUN DALAM HAL YANG PRINSIP, TETAP MENJALANKAN DAN MENGEDEPANKAN PRAKTEK SYARI’AH.
                             
HAL INI DIWUJUDKAN DENGAN SELALU MELAKUKAN PERHITUNGAN ZAKAT ATAS LABA YANG DIPEROLEH SETIAP TAHUNNYA.
                             
SELAIN ITU JUGA, MENYISIHKAN SEBAGIAN LABA UNTUK INFAQ DAN SHODAQOH.

KONTRIBUSI YANG DIBERIKAN UNTUK PERSYARIKATAN SETIAP TAHUN ADALAH MELIPUTI :
ü      5% DARI SISA HASIL USAHA
ü      30% DARI ZAKAT YANG TELAH DIPERHITUNGKAN
ü      1% DARI DIVIDEN YANG DIBAGI  Rp 1.000,- (seribu rupiah) DIAMBILKAN DARI DIVIDEN UNTUK PER LEMBAR SAHAM (bersifat insidentil)            
DANA BANTUAN UNTUK IBADAH UMROH (95% DARI BIAYA UMROH) SETIAP TAHUN BAGI :
ü      PEMEGANG SAHAM : 3 (TIGA) ORANG
ü      KARYAWAN               : 3 (TIGA) ORANG 

SETIAP SETAHUN SEKALI MELAKUKAN KEGIATAN PENYEMBELIHAN HEWAN KURBAN.
UNTUK IDUL ADHA TAHUN 1431 H, TELAH MENYEMBELIH HEWAN KURBAN 3 (TIGA) EKOR LEMBU DAN 5 (LIMA) EKOR KAMBING.
                             
DAGING HEWAN KURBAN DIBAGIKAN KEPADA MASYARAKAT DI SEKITAR SELURUH KANTOR BPR RASUNA YANG ADA DAN SEBAGIAN UNTUK KARYAWAN.
                             
HAL INI DILAKUKAN DALAM RANGKA MENJALANKAN SYARI’AT ISLAM YAITU MENGIKUTI SUNNAH RASUL MUHAMMAD SAW.

SETIAP BULAN DIADAKAN KAJIAN ISLAM, DENGAN MENGHADIRKAN NARA SUMBER DARI UNSUR PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH PONOROGO,

SETIAP HARI JUM’AT DIADAKAN BELAJAR MEMBACA  AL-QUR’AN (MENGAJI)

KEGIATAN OPERASIONAL BPR
Penghimpunan Dana  :
o       Tabungan
o       Deposito berjangka
PRODUK TABUNGAN
1.    Daya Surya Savings
2.    Tabungan Kesejahteraan Umat
3.    Tabungan Kesejahteraan Mahasiswa dan Pelajar
4.    Tabungan Al-Amin
5.    Tabungan Umroh dan Haji
6.    Tabungan “TABUNGANKU”
PRODUK DEPOSITO BERJANGKA
1.    Deposito berjangka waktu 1 bulan
2.    Deposito berjangka waktu 3 bulan
3.    Deposito berjangka waktu 6 bulan
4.    Deposito berjangka waktu 12 bulan           
JASA DEPOSITO BERJANGKA ADALAH   9,00% p.a.
                                                                                         
JASA TABUNGAN
1.    DAYA SURYA SAVING JASA 7.5 % DIHITUNG SECARA HARIAN
2.    TAKESMAT &  TAKESWAJAR  JASA 7% DIHITUNG SALDO TERENDAH SELAMA 1 BULAN DAN SETIAP 6 BULAN SEKALI DIIKUTKAN UNDIAN BERHADIAH LANGSUNG
3.    AL AMIN MENDAPATKAN JASA NATURA                 
4.    TABUNGAN UMROH DAN HAJI MEMBANTU PENGURUSAN PENYELESAIAN ADMINISTRASI
5.    TABUNGAN “TABUNGAN-KU” SESUAI DENGAN KETENTUAN DARI BANK INDONESIA

PRODUK KREDIT YANG DIBERIKAN
MENURUT SEKTOR USAHA :
1.    Kredit untuk Pertanian/Peternakan
2.    Kredit untuk Industri Pengolahan
3.    Kredit untuk usaha Perdagangan
4.    Kredit untuk usaha Jasa
5.    Kredit untuk kebutuhan Konsumtif
MENURUT JENIS PENGGUNAANNYA :
1.    Kredit untuk Investasi
2.    Kredit untuk Modal Kerja
3.    Kredit untuk Konsumtif
MENURUT JANGKA WAKTU :
1.    Kredit dengan jangka waktu 6 bulan
2.    Kredit dengan jangka waktu 12 bulan
3.    Kredit dengan jangka waktu 18 bulan
4.    Kredit dengan jangka waktu 24 bulan
5.    Sampai dengan batasan waktu 60 bulan untuk kredit khusus
MENURUT CARA PEMBAYARAN :
1.    Kredit dengan pembayaran flat (angsuran tetap)
2.    Kredit dengan pembayaran sliding              (angsuran menurun)
3.    Kredit Rekening Koran (RC)
PROSES CEPAT DENGAN JASA YANG SANGAT RINGAN

DALAM HAL PENYALURAN KREDIT PETUGAS PEMASARAN SELALU BERPEGANG PADA PRINSIP KEHATI-HATIAN DENGAN BERPEDOMAN PADA PRINSIP 6C YANG MELIPUTI :
Ø      CHARACTER
Ø      CAPACITY
Ø      CASH FLOW
Ø      CAPITAL
Ø      CONDOTIONS
Ø      COLLATERAL  
PEMBINAAN NASABAH/MONITORING :
SETELAH KREDIT CAIR, PETUGAS PEMASARAN TETAP  MELAKUKAN PEMBINAAN/ MONITORING YANG BERTUJUAN UNTUK MENINGKATKAN KESINAMBUNGAN HUBUNGAN ANTARA NASABAH DENGAN BPR YANG BERTUJUAN UNTUK MENGERATKAN TALI SILATURAHIM DENGAN SALING MEMBERIKAN INFORMASI YANG BERGUNA BAGI NASABAH MAUPUN BPR.
PEMBINAAN KREDIT BERMASALAH :
UNTUK MENEKAN NPL AGAR TERKENDALI, BPR RASUNA MENGADAKAN PEMBINAAN NASABAH DENGAN MELAKUKAN KUNJUNGAN SECARA RUTIN YANG BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPAI NASABAH, SEHINGGA KITA BISA MEMBERIKAN JALAN KELUAR.

KANTOR PUSAT  PT. BPR RAGA SURYA NUANSA
Jl. Jaksa Agung Suprapto Nomor 88 Mangkujayan Ponorogo
        Telp. (0352) 482063 – 483530 – 488458 - 488348  - 462928  Fax. (0352) 482063
        Email : ptbprrasuna@yahoo.co.id
KANTOR CABANG PT. BPR RAGA SURYA NUANSA
Jl. Jend. Sudirman No. 40, Telp. (0352) 311812 Jetis Ponorogo
Jl. Imam Bonjol No. 1, Telp. (0351) 893182 Magetan
Jl. RA. Kartini No. 10, Telp. (0351) 893182 Trenggalek
KANTOR PELAYANAN KAS
1.    Jl. Raya Solo No. 145, Telp. (0352) 752729 Somoroto – Ponorogo
2.    Jl. Jenderal Sudirman No. 37, Telp. (0352) 372111 Balong – Ponorogo
3.    Jl. Raya Pulung No. 10, Telp. (0352) 571442 Pulung – Ponorogo
4.    Jl. Raya Ponorogo – Madiun No. 40, Telp. (0352) 461904 Jenangan – Ponorogo
5.    Jl. Sunan Kumbul No. 25, Telp. (0352) 311706 Sawoo – Ponorogo
6.    Jl. Batoro Katong No. 56, Telp. (0352) 489585 Ponorogo    
7.    Jl. Bhayangkara No. 139, Telp. (0351) 439863 Kawedanan –  Magetan
8.    Jl. Raya Ponorogo-Pacitan, Telp. (0352) 489585 Ponorogo
PAYMENT POINT
Ø      Kampus Universitas Muammadiyah, Jl. Budi Utomo No. 10 Ponorogo
Ø      Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah, Jl. DR. Sutomo No. 18 – 24 Ponorogo
Ø      Komplek Perguruan Muhammadiyah, JL. Batoro Katong No. 06 Ponorogo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar